30 Dec 2011

BIOLOGI #3 : Sistematika Tumbuhan Cryptogamae



Ini neh acara praktikum semester 5 "Sistematika Tumbuhan Cryptogamae" di pantai Krakal, Yogyakarta. Acaranya seperti biasa, yaitu mungutin Algae buat di awetin. Nyomot-nyomot dan nyomot di pesisir pantai dan akhirnya dapat juga beberapa spesies dari Glacilaria. Nah ini dia gambarnya :





Klasifikasi   :
Kingdom    : Plantae
Divisi          : Thallophyta
Sub Divisi  : Algae
Classis        : Rhodophyta
Sub Classis : Floridae
Ordo           : Nemastomales
Familia       : Glacilariae
Genus         : Glacilaria
Spesies       : Glacilaria sp.
Deskripsi    :
Gracilaria sp. berwarna merah karena adanya protein fikobilin, terutama fikoeritrin. Dinding sel terdiri dari selulosa dan gabungan pektik, seperti agar-agar, karaginan dan fursellarin. Hasil makanan cadangannya adalah karbohidrat yang kemerah-merahan.
Gracilaria sp. umumnya hidup di laut dan beberapa jenis di air tawar, mengandung pigmen klorofil-a, klorofil-b, karoten, fikoeritrin, dan fikosianin. Tubuh bersel banyak menyerupai benang atau lembaran. Ciri dari talus Glacilaria sp. yaitu bentuknya berupa helaian atau berbentuk seperti pohon, tidak berflagella, selnya terdiri dari komponen yang berlapis-lapis, dan mempunyai pigmen fotosintetik fikobilin, memiliki pirenoid yang terletak didalam koroplas. Pirenoid berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan atau hasil asimilasi.
Glacilaria sp. bereproduksi secara seksual dengan pembentukan dua anteridium pada ujung–ujung cabang talus. Anteridium menghasilkan gamet jantan yang berupa spermatium dan betinanya karpogamium terdapat pada ujung cabang lainnya. Reproduksi vegetatif dengan spora, terjadi dengan pembentukan tetraspora kemudian menjadi gametania jantan dan gametania betina, akan membentuk satu karkospofrafit. Dalam reproduksinya tidak mempunyai stadia gamet berbulu cambuk.
Pertumbuhannya bersifat uniaksial (satu sel diujung talus) dan multikasial (banyak sel diujung talus). Alat perekat (Holdfast) terdiri dari perakan sel tunggal atau sel banyak. Bersifat adaptasi kromatik, yaitu memiliki penyesuaian antara proporsi pigmen dengan berbagai kualitas pencahayaan dan  dapat menimbulkan berbagai warna pada thali seperti : merah tua, merah muda, pirang, coklat kuning dan hijau. Memilki persediaan makanan berupa kanji (Floridean starch). Peranan Gracilaris sp. merupakan penghasil agar-agar.


kalo ada revisi dari ente gengs yah comment2 lah ke blog ane.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

recent posts