9 Dec 2016

STORY #11 : Halal ga sih SNACK/MAKANAN Kemasan Korea?

Hai gengs...ketemu lagi di blognya miss zecha, Yeaayyyy ^.^
Semangat PAGIIII !!!
Pagi-pagi udah hebring aja, ga apa-apa lha yaa.
Kali ini aku mau cerita tentang snack/makanan kemasan korea. Kalian juga pasti tau kalau sekarang Hallyu Wave masih merajalela beberapa tahun belakangan ini. Mulai dari Drama sampai ke Boyband/girlband yang kece-kece dengan badan tinggi semampai dan muka mulus tanpa goresan #lebay hehehe....
Kalau kalian memperhatikan setiap detail yang ada di drama korea, pasti banyak brand-brand lokal sana yang mensponsori. Well, pada akhirnya brand tersebut yang paling diincar sama penikmat drama korea tersebut. Salah satunya adalah snack/makanan kemasan.
Akhir-akhir ini mungkin kalian sudah tau banyak orang yang buat tantangan "SAMYANG CHALLENGE", yesss. Samyang merupakan mie instan super pedas dari Korea Selatan. Nah, gara-gara banyak orang yang bikin challenge kayak gini bikin orang penasaran sama rasanya "Apakah emang benar-benar SUPER PEDAS?"
Well, ceritanya kemarin aku jalan ke Lotte Mart, The Park Solo Mall, cuma buat nyari SAMYANG dan snack korea lain (korban iklan banget ya ^.^ ). Sesampainya disana, bahagialah aku karena nemu apa yang dicari, pilihan snacknya pun super banyak dan lagi ada diskon atau beli 1 gratis 1 yang harganya juga pas dikantong mahasiswa. Tapi.......kayaknya ada yang aneh???? kok ga ada sertifikat HALALnya ya? aku bolak-balikin bungkusnya, kali aja gambar setifikat halalnya nyempil jadi ga kasat mata.hehehe tapi tetep aja ga ada (T.T)  #sedih #padahalmupeng

Kenapa harus makan makanan yang halal?

Firman Allah SWT tentang keharusan mengkonsumsi yang halal dan thayyib (baik), antara lain : 
"Hai sekalian manusia! Makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah‐langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu" (QS. Al‐Baqarah [2]: 168) 

"Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Akan tetapi, barang siapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang ia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang" (QS. Al-Baqarah [2]: 173)

Jadi, sangat disayangkan banget samyang dan snack korea yang beredar sekarang ini belum ada label halal dari MUI. Kalau kalian memperhatikan kemasannya, yang ada hanya nomer BPOM aja tapi nomer tersebut tidak menunjukkan kehalalan makanan.

Ciri-ciri makanan halal kayak gimana ya?

Selain hal-hal di atas yang sudah dijelaskan dalam Al-qur'an. Ada beberapa spesifikasi zat yang membuat makanan halal/haram. Di bawah ini beberapa spesifikasinya yang aku ambil dari halalkorea.org
 

So, mari kita tunggu cap halal dari MUI untuk makanan atau snack impor yang beredar. Sebagai muslim, berhati-hati dalam memilih makanan itu perlu. Bismillah :)

1 comment:

  1. What is a Make Money For A Slots Game?
    Slots games are incredibly popular งานออนไลน์ in the gambling world, This casino games are created worrione by creating their own slots, then 바카라사이트 taking their money

    ReplyDelete

Popular Posts

recent posts